Wednesday, March 25, 2009

Password: Kunci dunia maya kita

Password untuk beberapa account di internet sangatlah penting. Dengan password kita memastikan bahwa hanya kita yang bisa mengakses account kita. Begitu password kita dipegang oleh orang lain maka terbukalah beberapa rahasia, bahkan bisa mengarahkan kepada kerugian finansial. Tetapi account kita di internet banyak sekali, mulai dari google account, facebook account, YM account, dan lainnya, kemungkinan pertama adalah lupa password.

Jika kita sudah lupa password, beberapa situs tersebut memberikan penawaran untuk mengambil kembali atau membuat baru password yang ada. Feature penting tersebut adalah "Lost Password". Dengan feature ini, kita jadi lebih nyaman dan tidak perlu khawatir jika lupa password account tersebut. Hanya saja, jika problem lupa password karena kebanyakan account yang kita miliki membuat kita tidak nyamana juga. Sangat tidak nyaman jika setiap kali kita mau masuk ke account kita, kita sering mengikuti prosedur "lost password".

Sangat disarankan untuk membuat password yang simple bagi kita untuk mengingatnya, tetapi akan susah bagi orang lain untuk menebaknya. hal ini penting mengingat peranan dunia maya / account kita menjadi perwakilan kita ke orang lain. Komunikasi yang kita lakukan dengan orang lain sekarang sering dilakukan via internet, bukan komunikasi tatap muka. Sehingga akan sangat tidak mengenakkan jika account kita dimasuki oleh orang lain, dan orang tersebut melakukan kontak dengan teman-teman kita, seakan-akan kita sendiri yang melakukan kontak dengan teman-teman kita tersebut.

Ok, selamat ber-internet ria, selalu jaga password anda, dan jangan bagikan dengan orang lain, dan yang terpenting jangan lupakan.


No comments: