Wednesday, March 25, 2009

Seberapa Kuat Password Anda ?

Kekuatan password sebenarnya terletak dari seberapa susah password itu ditebak, baik oleh mesin maupun oleh rekaan orang. Mesin/program bisa menebak password dengan melakukan perulangan terhadap sejumlah karakter yang paling mungkin digunakan. Metode perekaan ini bisa menggunakan kamus (dimana orang sering menggunakan kata-kata yang terdapat dalam kamus) maupun secara brute force (mencoba segala kemungkinan).

Kekuatan Password berbanding terbalik dengan kemudahan untuk mengingatnya. Hal ini karena kriteria password yang kuat harus tidak mudah ditebak dan juga butuh waktu lama untuk teknik brute force dari program. Sehingga kombinasi karakter yang digunakan haruslah sangat bervariasi, menggunakan huruf kapital dan non kapital, angka, karakter sambung dan lainnya.

Kita juga bisa membuat password yang kuat tanpa menggunakan program password generator. Dengan kriteria yang diberikan maka password yang kita buat minimal haruslah mengandung huruf kapital, huruf kecil, angka. Setelah mencoba ke tools seberapa kekuatan sebuah password, didapat bahwa panjang password 8 karakter sudah cukup kuat dengan variasi seperti yang disebutkan diatas. Sehingga dengan membuat sendiri, kerumitan mengingat password bisa diminimalkan.

Nah Seberapa kuatkah password yang anda miliki sekarang ?

2 comments:

Anonymous said...

saran saya jangan 8 karakter om, paling ngga lebih dari 12 lah. kalau untuk sistem yang dibatasi dengan jumlah max password seh sebenarnya ngga masalah. tapi kalo dipake di word ato excel( cmiiw..sak ingat ku word ama excel ngga pake max). kalo cuman 8 kalo di bruce force attack masih bisa dalam hitungan hari, yah berapa minggu lah...
lagian banyakan password cracker, yang free... max limit karakternya 8 ....
jadi ati-ati aja

Bhayangkara said...

8 karakter itu minimal om, dan di cek pake tools password checker (http://www.pctools.com/guides/password/ ) dinyatakan sebagai strong password. Akan tetapi kalau ingin lebih juga akan lebih kuat lagi. karena semakin panjang akan semakin kuat tetapi berbanding terbalik dengan kemudahan mengingat nya.