Wednesday, March 18, 2009

GTalk Evolusi Media Komunikasi

Baru beberapa hari ini aku memanfaatkan GTalk untuk bertukar kabar dengan teman-temanku. Sebelumnya hanya menggunakan fasilitas chat yang ada di menu sebelah kiri gmail. tetapi setelah lihat-lihat lagi ada aplikasi klien yang memanfaatkan ini dengan feature tambahan. Sehingga jadilah aku install GTalk.


Dulu mulai berkenalan dengan alat komunikasi online dengan yang namanya irc dengan produk waktu itu yang sering digunakan adalah mIRC. Sungguh senangnya berbicara dengan banyak orang dari penjuru dunia dengan memanfaatkan mIRC ini. Sempat juga kenalan dengan teman yang mengaku dari Lima, Peru. Bahkan sempat dikasih email addressnya. Tentu saja waktu itu sekitar tahun '94 aku belum punya email, kalaupun punya adalah account server novell di jurusan. yang katanya bisa juga digunakan untuk email ke internet. Waktu itu Internet adalah barang mahal. Sudah dicoba berulang kali untuk mengirim email tetapi tetap saja mental.

Hehe, tetapi era kejayaan mIRC dulu mulai redup, salah satu kesulitannya adalah, yang tak rasakan, yang mungkin juga dirasakan banyak orang, IRC terlalu umum, bebas, sehingga dengan mudah bisa menggunakan informasi-informasi palsu, penyamaran dan lain sebagainya.

Kesulitan yang lain adalah teman-teman yang sudah akrab tidak bisa disimpan, sehingga kalau online lagi akan sulit mencari teman tersebut, bisa jadi dia ganti nick name. ini yang sungguh menyulitkan.

Akhirnya datanglah ICQ, dimana kita akan diidentifikasikan dengan nomor id dan nickname. Nomor id tidak bisa berubah kecuali kalau kita register ulang, sedangkan nickname bisa kita ubah. kita bisa melakukan add friend, dan menyimpan data teman tersebut. sehingga kalau dia online kita akan tahu dan bisa melakukan pembicaraan. Saya mulai menggunakan ICQ sekitar tahun 1999. Dan banyak teman yang berkomunikasi waktu itu.

Kekurangan ICQ waktu jikalau kita melakukan install ulang atau ganti komputer, maka data contact yang sudah kita punya terlebih dahulu harus kita add ulang lagi. ini yang sungguh menyulitkan.

Waktu itu ICQ juga belum menawarkan komunikasi suara. Yang ada baru feature pengiriman file. Dulu kontakku di ICQ sempat mengirimkan file berformat suara. Seingatku dulu berformat wav.

Kemudian datanglah yahoo messenger. Saya mulai menggunakannya sejak versi 6, sekitar tahun 2002. Melihat featurenya yang bisa menyimpan data kontak di server membuat pengguna tidak perlu pusing menyimpan data contactnya. Waktu itu saya masih menggunakan ICQ dan YM secara bersamaan.

Baru-baru ini saya mencoba menggunakan GTalk dari Google. Salah satu yang membedakan antara GTalk dan YM adalah archive chat nya. Archive chat dari YM disimpan di komputer kita sendiri. sehingga jika kita pindah komputer atau format harddisk maka data percakapan kita akan hilang jika tidak dibackup terlebih dahulu. Berbeda dengan GTalk, yang menyimpan semua percakapan yang ada menjadi seperti berformat email yang tersimpan di server, dalam account email kita. Tentu saja ini akan sangat memudahkan kita jika suatu saat ingin melihat archive percakapan kita dengan teman yang lain.
Selain itu voice chat juga mudah dilakukan di GTalk, walaupun di ym juga tidak susah-susah amat.

Mungkinkah nanti akan ada arsip voice chat ? atau feature free PSTN/Seluler Dial ?


No comments: