Saturday, March 28, 2009

Earth hour apakah itu ?

Awalnya belum terlalu ngerti maksudnya apa sih Earth Hour itu. Gembar-gembor yang biasanya diawali dari negara yang pemanfaatan energi fosilnya banyak banget, terus mengajak seluruh dunia untuk ikut-ikutan gerakannya. Dengan harapan menyadarkan tentang penghematan dan lain-lain.

Dari pengertian yang ada di wikipedia indonesia ( http://id.wikipedia.org/wiki/Earth_Hour ) bahwa yang dimaksud kegiatan ini adalah usaha yang telah dirintis oleh WWF Australia, dan menjadi agenda WWF internasional untuk memadamkan lampu listrik selama kurang lebih 1 jam, yang diadakan setiap hari sabtu terakhir bulan maret.

Kebanyakan dari penduduk di kampung-kampung kita sudah terbiasa mematikan lampu penerangan rumahnya baik yang menggunakan listrik ataupun minyak tanah ( dulu lebih terkenal dengan istilah lampu teplok atau lampu petromax ). yang dimatikan adalah yang tidak dibutuhkan, sedangkan penerangan jalan, penerangan depan rumah yang dekat jalan memang pasti dimatikan. mereka melakukan ini setiap hari, tahun demi tahun, terkecuali jika ada acara. Jadi tanpa perlu gembar-gembor harus mematikan lampu 1 jam. mereka mematikan penerangan dari kurang lebih jam 10 malam, dan mulai dihidupkan lagi jam 3 pagi.

Jadi sebenarnya sasaran earth hour tentunya adalah yang masif menggunakan lampu/listrik. itu sebenarnya yang harus menjadi sasaran utama, bukan rumah tangga kita yang notabene sudah setiap hari lampu pasti sudah mati jam 10an dan hidup lagi jam 3 pagi.

Terus manfaat kita ikut earth hour apa ? yah mungkin cuman dukungan supaya yang menggunakan secara masif bisa sadar. itu pendapat saya, mungkin yang lain mempunyai pendapat yang berbeda.

1 comment:

boi said...

Sebagai Dukungan terhadap Earth Hour Indonesia 2009 maka
Sabtu, Pukul 8:30 - 9:30 Malam, Kaskus menutup layanan selama 1 jam
Mari bersama Kaskus kita Pilih Bumi Selamat


jadi ngga bisa ngaskus neh ... repot-repot