Tuesday, July 14, 2020

Memanfaatkan teknologi

Ketika nulis-nulis artikel dan ingin disampaikan dalam bahasa yang bukan bahasa ibu memang agak-agak rumit. Bahasa asal e Jawa, bahasa resmine Indonesia, dan perlu nulis dalam bahasa asing Inggris. Untuk anak-anak zaman now mungkin bahasa inggris sudah menjadi kebiasaan. Jadinya harus nyari alternatif bagaimana supaya lancar nulis-nulis itu ...


Untungnya sudah banyak orang pinter-pinter yang membantu untuk hal ini selain lewat jalur biasa yang harus belajar/les bahasa. Salah satunya ada google translate. Salah duanya Grammarly. Dan tentu saja harus didukung untuk menyusun kalimat lengkap yang memenuhi kaidah bahasa indonesia yang baik dan benar (SPOK) hehe...

Google Translate (GT) sangat membantu untuk mentransfer tulisan dari satu bahasa ke bahasa yang lain. Salah satunya penerjemahan bahasa indonesia ke bahasa inggris. Hanya syaratnya penulisan bahasa indonesianya ya harus lengkap sesuai kaidah SPOK. Penulisan yang lengkap ini akan meningkatkan akurasi / ketepatan penerjemahan ke dalam bahasa inggris. Disamping itu perlu juga tetap dilakukan pengecekan hasilnya. Jangan sampai nama kota ikut-ikutan diterjemahkan. Sebagai contoh:

Saya tinggal di kota kudus.

kalau diterjemahkan pakai GT hasilnya akan seperti ini:

I live in a holy city

Grammarly (GL) disisi lain membantu kita untuk melakukan pengecekan atas tata bahasa kalimat yang kita tulis. Ada beberapa kata yang disarankan diganti. Atau ada kurang penulisan tanda sambung -. Atau juga bahkan rewrite / penulisan kembali satu kalimat yang berarti sama tetapi lebih elegan. Kadang dalam tulisan ada kata :

a number of ....

Sama GL kadang disarankan untuk diganti dengan some, several atau lainnya.

Jadi untuk kasus saya (eh saya punya kasus ya ..heheh.):
1. Tulis kalimat / paragraf dalam bahasa indonesia dengan rapi dan memenuhi kaidah SPOK
2. Pindahkan / copy paste ke GT ( translate.google.com )
3. Pindahkan hasil terjemahan GT ke GL dengan terlebih dahulu melakukan pengecekan penerjemahan kata per-kata
4. Ikuti saran-saran dari GL (kadang ini juga kita bisa set opsinya sampai seberapa teliti - basic, intermediate, expert)
5. Pindahkan/copy hasil pengecekan GL ke makalah yang kita tulis (word, latex ..)

Demikian, semoga bermanfaat ..eh ya GL sendiri ada versi basic maupun premium. Yang bagus memang versi premium. Tetapi bayar.



No comments: