Thursday, January 7, 2010

Memory Card dan VGA Card di Freezer

Aku punya komputer desktop yang sudah lama. Dan juga sudah lama gak pernah dinyalakan. Terakhir dinyalakan sekitar setengah tahun yang lalu, kemudian mati, dan tidak bisa dihidupkan lagi. Di utak-atik sampai bosan, tetapi tetap saja tak bisa dihidupkan. Sehingga akhirnya dipreteli dan disimpan saja. Untungnya sudah ada notebook yang bisa digunakan untuk mengetik, memprogram, dan lain-lain.

Spesifikasi komputerku itu adalah Pentium IV/1.8 Ghz, dengan 2 keping Memori, 1 keping berkapasitas 1GB PC3200, dan 1 keping lagi 256MB PC2100. Kapasitas harddisk nya adalah 160GB dan 80GB. Dengan VGA Card 64 MB, Dan tipe Mainboardnya adalah Intel D845EBG2. Yah lumayanlah ukurannya saat aku beli sekitar tahun 2001/2002.

Sekitar 2 hari yang lalu, iseng ingin menghidupkan kembali komputer tersebut. Setelah disambung semua dan akhirnya ditancapkan ke colokan listrik, lah kok bisa hidup. Heran sekaligus senang, ternyata komputerku yang dulu bisa hidup lagi. Setelah 2 menitan tiba-tiba restart, ya ternyata kulkas yang ada di ruang tengah narik listrik, sehingga mungkin listrik drop, tak pikir wajar lah. Kapasitas Daya listrik di rumah sekitar 900W. Mungkin tarikan kulkas lumayan menyedot daya ini. Sehingga suplai daya ke komputer menurun drastis dan kebetulan juga tidak menggunakan stabilizer sehingga komputer restart tiba-tiba. Ada dua pilihan mau pake stabilizer apa UPS. Tak pikir sementara pake Stabilizer terlebih dahulu sudah cukup.

Akhirnya aku memutuskan untuk membeli stabilizer. Saat sudah dipasang dengan colokan power dari cpu dan monitor sudah menancap di colokan power keluaran dari stabilizer dan tombol power di komputer ditekan, ternyata tidak ada tampilan apa-apa di monitor. Lho kok aneh ? Tak utak-atik lagi, tetap gak bisa hidup. Aneh? Apa ada yang rusak ya ?

Langkah-langkah troubleshooting pun dimulai:
  1. Kabel data dan power ke harddisk, floppy, dan cdrom drive dicopot dengan pikiran mungkin PSU (Power Supply Unit) komputer mungkin kemampuan suplainya berkurang. Begitu dinyalakan, ternyata tetap gak ada tampilan di monitor. 
  2. Coba VGA card nya dicopot dengan harapan akan muncul bunyi-bunyi khas dan kecurigaan VGA card rusak. Ternyata setelah dinyalakan juga tidak ada hasil, terang saja gak bisa tahu kan VGA Card nya dicopot, otomatis sambungan ke monitor pun gak ada. Jadi ya gak akan tahu.
  3. Giliran Memory Card dicabut. Dengan harapan juga akan ada bunyi-bunyi yang khas. Begitu dinyalakan akhirnya terdengar suara "tit" sebanyak tiga kali. Begitu ditancapkan lagi, dan VGA card disambung ke  monitor dan dihidupkan lagi, tetap tidak ada tampilan sama sekali di monitor.
Weh, sudah dicoba berkali-kali, tetapi komputer tetap menolak untuk hidup dengan sempurna. Akhirnya aku menarik kesimpulan awal, mungkin mainboard / VGA card/Slot AGP ada masalah. Kalau sudah begini, jalan keluar salah satunya ya ganti mainboard.

Nyoba-nyoba cari mainboard yang setipe atau paling tidak perangkat-perangkat yang ada seperti memory card, processor masih bisa digunakan. Dan salah satu yang terpenting adalah perlunya VGA onboard dengan pemikiran kalau slot AGP nya rusak ada pilihan menggunakan VGA onboard.

Sambil mencari, sempat chatting dengan teman, sebut saja Bang Jay. Saya cerita kondisi komputer desktop tersebut ke beliau. Eh rupanya Bang Jay ini juga pernah mengalami hal yang sama, dengan tanda sama seperti nomor 3 pada langkah troubleshooting di atas. Dan langkah yang dilakukan bang jay untuk menyelesaikan ini adalah dengan melepas memori dan meletakkan memori card tersebut ke bagian Freezer di Kulkas selama 24 Jam. Begitu dipasang lagi ternyat beres.

Saya pun akhirnya mencoba langkah yang dilakukan oleh Bang Jay. Saya letakkan memori card yang 2 keping beserta dengan vga card tersebut ke freezer. Sebelum dimasukkan ke freezer dibungkus dengan plastik supaya tidak ada air dari luar yang masuk.

Sekitar 12 jam sesudahnya, nekat, saya ambil kartu memori. Aku pikir sudah dingin lah dan tidak menunggu sampai 24 jam. Waktu dibuka bungkus plastiknya memang dingin banget IC - IC yang ada. Khawatir kalau ada titik-titik air yang bisa menyebabkan konslet, saya bersihkan pakai tissue, sampai kering.

Dengan agak khawatir, saya pasang memori dan vga card, menyambungkan kabel-kabelnya, dan terakhir mencoba untuk menekan tombol power. Bismillah ....
Terdengar suara refresh dari monitor, dan munculah tampilan di monitor. Mulai proses cek memory dan akhirnya bisa masuk ke sistem dengan sempurna. Saya coba matikan dan hidupkan lagi, ternyata tetap bisa hidup dan masuk ke sistem dengan sempurna. Alhamdulillah.

Tentu saja saya belum terlalu mengerti efek dari pendinginan memori dan vga di freezer. Bang Jay sendiri mengatakan kalau pernah baca-baca kalau memory/ic - ic yang habis dipakai kadang nge-hang atau ngacak proses pembacaanya. Bagi saya, dengan langkah-langkah tersebut komputer saya bisa hidup dengan sempurna sudah senang. Tinggal mencoba mencari penjelasan-penjelasan ilmiah dari langkah ini.

note:
-Ini kisah nekat saya, jika pembaca ingin nekat juga melakukan langkah-langkah ini harap resiko ditanggung sendiri lho. hehe.
-Berikut penggalan chatting saya dengan Bang Jay:

Bang_Jay: aku kemaren juga gitu MB ku... tak coba lepas memory ada sinyal.. 
Penulis: terus ?
Bang_Jay: trus aku dinginkan tak bungkus plastik tak taruh dikulkas (bag. freezer)
sehari(24jam)...
   tak pasang trs jalan dech...
   tapi yakinkan board dlm keadaan fit... ga ada kondensator yg gemuk... 
   klo adakondensatro yg gelembung gitu mungkin ada yang short/ga kontak
   diganti dulu...
Penulis: yang dimasukkan ke freezer apa ?
  memory atau vga ?
Bang_Jay: memory...
   aku ga yakin klo vga rusak....
Penulis: ehm
  memory waktu tak lepas .. ada bunyi tit 3 kali
  klo tak pasang hilang bunyinya
  apa itu maksudnya ?
Bang_Jay: nah... sama tanda2nya
Penulis: tapi gak ada tampilan sama sekali di layar ..
  waktu dinyalakan
Bang_Jay: yup
Penulis: oh gitu ..
Bang_Jay: coba gitu dulu...
.
.
Bang_Jay: semoga berhasil good luck... aja dech
Penulis: oke .. suwun ya . ini sdh tak masukkan ke kulkas.
  kira2 klo begitu bisa knp ?
  memory masalah kah ?
Bang_Jay: aku pernah baca2... katanya memory atao IC klo abis kepake kadang bisa 
hang... atao ngacak bacanya
          klo aku malah karena sering tak hidupkan terus2an... abis itu mati 
sendiri/blue screen
Penulis: ic ..
  ini harus 24 jam ..atau secukupnya ?
  tapi mestinya paling tidak tampilan di monitor ada ya ... 
walau kemudian hang misalnya
  opo vga card e mesisan tak masukkan kulkas ?
Bang_Jay: dicoba aja...
.
.




3 comments:

pernikahan adat said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Sebelas Duabelas said...

Wahhh.... bener nih om bisa jalan.
Dan jaga jaga biar langsung gakmati pakek Ups...... Khawatir rusak lagi

Sebelas Duabelas said...
This comment has been removed by the author.