Saturday, January 9, 2010

Auto Logon di Windows XP dan Windows 7

Kemarin waktu berkunjung ke tempat teman, dimintai tolong untuk membetulkan laptopnya. Kebetulan memang ada program yang saya buat yang dijalankan di laptop tersebut. Pada saat menghidupkan ternyata WXP nya tidak berhasil login. Ceritanya terminal tersebut diset auto login tetapi password user yang digunakan untuk auto login sudah di ubah, jadi tentu saja terminal tersebut tidak berhasil login dengan user dan password yang lama.
Saya coba melihat-lihat di bagian control panel ternyata tidak ada untuk setting autologin ini. Yang ada adalah kotak dialog untuk menampilkan User Accounts dengan tampilan baru seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini:


di kotak dialog tersebut tidak ada setting untuk setting autologin. Akhirnya, setelah mencari beberapa saat via google, saya menemukan cara untuk menampilkan kotak dialog User Accounts yang ada setting untuk autologin. Berikut adalah langkah-langkah untuk menampilkan kotak User Accounts tersebut sekaligus melakukan setting autologin.

  1. Pilihlah Start->Run sehingga muncul kotak dialog untuk menjalankan program seperti yang terlihat pada gambar berikut:




  2. ketiklah perintah berikut di kotak masukan

    control userpassword2

    [tambahan untuk windows 7 gunakan perintah sbb:]
    netplwiz
  3. Tekanlah tombol ok maka akan tampil kotak dialog seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini:




  4. Untuk mengaktifkan autologin, hilangkanlah tanda centang pada kotak "Users must enter a user name and password to use this computer" dan tekanlah tombol Ok atau Apply . Penekanan tombol ini akan menampilkan kotak untuk mengisi user dan password yang akan digunakan sebagai account untuk autologin pada WXP anda, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:



Ok, Selamat Mencoba!!!



    3 comments:

    Arwan Nur Ramadhan said...

    cip bro..thanks inponya..

    learner said...

    sama-sama bro, semoga bermanfaat.

    dhedyb said...

    suwun pak agus