Wednesday, March 25, 2009

Password Generator

Banyak cara untuk mengingat password, mulai dari cara pembuatannya sampai ke cara penyimpanannya. Dari cara pembuatannya orang berusaha membuat password dari hal-hal yang selalu berhubungan dengan dirinya. semisal tanggal lahir, nama, nama orang terdekat dan banyak lagi. Dari cara penyimpanannya bisa ditulis di buku pribadi, bisa dicatat di situs pribadi yang terproteksi ataupun sekedar di tulis di dinding.

Tujuan dari password ini adalah aman, susah ditebak, dan tentu saja mudah diingat. Selain dengan mereka sendiri password, ada juga program password generator. Di internet banyak yang nawarkan program-program password generator, ada yang bisa di download gratis, ada juga yang online langsung bisa diakses. Hasil dari generator tersebut juga lumayan tidak bisa ditebak hasinya. Sehingga bagi orang lain akan kesulitan untuk menebak password yang kita miliki jika menggunakan password ini. Hanya saja karena password hasil generasi nya berupa rangkaian karakter yang tidak bermakna sehingga kita agak susah untuk mengingatnya.

Hal ini disikapi oleh password generator ini dengan menerima masukan dari pengguna, berdasarkan masukan tersebut lah password tersebut di generasi. Masukan yang diinputkan oleh pengguna dianggap sebagai master key. jika master key dimasukkan sama maka password yang digenerasi akan sama. sehingga lain waktu jika lupa bisa memasukkan master key dan mengambil password nya.

Ok, selamat mencoba.
berikut adalah beberapa link Password generator yang saya dapatkan dari internet:
Desktop Password Generator: http://www.pctools.com/guides/password/
Web Based Password Generator: http://www.angel.net/~nic/passwd.html
Google gadget: http://gmodules.com/ig/creator?synd=open&url=http://www.zsoltmolnar.hu/gadget/passwdgen/passwdgen.xml



3 comments:

Anonymous said...

itu model enkripsi aja yo, om, sepanjang pake base64 kan outpunya musti bisa diterima.

Bhayangkara said...

ya mestinya outputnya tetep harus dalam bentuk karakter visual, bukan karakter biner, masalah dibuat base64 itu untuk memudahkan pemasukan di website. karena password harus diketik, maka password harus dalam range karakter visual.

Anonymous said...

base64 itukan dalam range visual juga. emang berapa karater kayae ngga bisa diterima juga yo. karna base 64 ngga cuman alfanumeric aja.