Friday, December 26, 2008

Instalasi Windows XP di Acer TravelMate 6292

Windows XP waktu mau diinstall di Acer TravelMate 6292 sering tidak berhasil mendeteksi harddisk. Hal ini adalah masalah utama, tanpa bisa mendeteksi harddisk pastilah kita tidak bisa melakukan instalasi Windows XP.
Permasalahan ini terjadi karena Windows XP sudah tidak disupport/dikembangkan oleh Microsoft, yang lebih menyarankan ke versi Vista, sehingga hardware-hardware baru tidak bisa dikenali oleh installer Windows XP. Akan tetapi Vendor Hardware tentu saja tetap menyediakan driver terbaru bagi hardware yang diproduksinya.

Ada beberapa cara untuk melakukan proses instalasi Windows XP di Acer TravelMate, dengan mendownload drivernya terlebih dahulu dan melakukan ekstraksi ke disket, baru kemudian kita melakukan instalasi Windows XP dan menekan tombol F6 untuk menambahkan driver spesifik.

Bisa juga dengan menggunakan nLite ( http://www.nliteos.com/ ) untuk melakukan pengepakan ulang driver tersebut kedalam installer Windows XP. tapi tentu saja urusan legalitas menjadi tanggung jawab pengguna yang menginstalasi.

Jadi sebenarnya Windows XP tetap bisa diinstall di laptop-laptop dengan hardware-hardware terbaru. Kadang memang kita butuh downgrade Vista yang di bundle di laptop kita dengan Windows XP, karena lebih familiar menggunakan Windows XP dibanding Windows Vista.

Ok, good luck.

No comments: