Friday, January 9, 2009

Menonaktifkan Autoplay di Windows

Beberapa hari yang lalu secara tidak sengaja, komputerku kena virus. Waduh.. padahal memang di komputer tidak saya pasang antivirus, karena memang seringkali mengurangi performance komputer. Komputer jadi lebih lambat karena menggunakan antivirus yang selalu jalan.


Virus-virus itu berdatangan dengan berbagai cara, salah satunya lewat media flashdisk yang biasanya begitu ditancapkan di slot usb nya langsung jalan autoplaynya. Dan mulailah virus-virus berdatangan ke komputerku yang gak tak pasangi anti virus.

Untuk mengurangi efeknya saat sekarang Autoplay sudah tak nonaktifkan. Berikut adalah langkah-langkah yang saya lakukan untuk menonaktifkan Autoplay.

  • Pilih menu Start->Run sehingga muncul kotak yang berisi satu isian dan tiga tombol OK, Cancel, dan Browse, dan isikan gpedit.msc seperti pada gambar berikut ini:


  • Pilih menu User Configuration->Administrative Templates->System, di daftar sebelah kanan ada banyak item, salah satunya Turn Off AutoPlay. Default isian dari opsi ini adalah Not Configured. Seperti yang terlihat pada gambar berikut ini:


  • Pilih opsi Turn Off AutoPlay dan lakukan klik ganda sehingga memunculkan kotak seperti yang terlihat dibawah ini. Pilih Opsi Enabled dan untuk pilihan drivenya pilih All Drives, Seperti yang terlihat di gambar berikut ini.




Ok, semoga bisa bermanfaat.

No comments: