Monday, December 1, 2008

Belajar Ziddu berawal dari cerita Wiro Sableng

Kebetulan sekali saya penggemar cerita-cerita dalam negeri, diantaranya wiro sableng karya bastian tito dan karya-karya kho ping Ho. Awalnya karya-karya tersebut saya nikmati saat sma dulu dengan meminjam teman. Tetapi sekarang buku-buku tersebut sepertinya sudah jarang dan sulit untuk mendapatkan. akhirnya dengan browsing-browsing di internet akhirnya ..


Dari Internet saya mendapatkan link yang mengarah ke Kaskus, salah satu forum komunikasi yang besar di internet. ada salah satu thread yang khusus membahas tentang wiro sableng ini dan juga usaha-usaha dari masing-masing anggota komunitas untuk melakukan digitasi terhadap karya-karya bastian tito ini.

Ada sejumlah anggota yang menyediakan link url nya dimana terdapat kumpulan hasil digitasi tersebut. dan sekian banyak yang disimpan di ziddu ( www. ziddu .com) awalnya sih karena memang pengguna dan pembaca tinggal download saja. suatu saat tertarik juga untuk mengakses home url ziddu ini, ternyata ada link untuk earn moneynya juga. lah sambil menyelam minum air pingin tahu juga hehe.

Di ziddu ternyata kalau kita upload file, terus ada yang download, kita dapat komisinya. memang file yang diupload kalo dari perjanjian yang diberikan tetap menjadi milik kita. jadi mengapa tidak untuk mencoba ?

Jadilah saya mulai registrasi dan bersiap-siap untuk berkarya lagi dan beberapa karya yang memang nanti saya tujukan untuk konsumsi publik saya kompresi saja dan taruh di ziddu. pertama kita bisa menyimpan karya kita, kedua kalau ada yang tertarik ya monggo di download. saat di download kita dapat deh sebagian komisinya.

Ok. mulai berkarya lagi.

No comments: