Thursday, July 2, 2015

Hello, World Windows Phone #2

HelloWorld biasanya merupakan program yang dibuat pertama kali saat belajar bahasa pemrograman. Program yang sederhana dengan hanya menampilkan kata Hello World sebagai keluaran dari program yang kita buat. Anggap saja kulonuwun, assalamualaikum, atau sejenisnya. Kita akan memulai program kita di windows phone ini dengan hello world.

Baiklah, salah satu tujuan membuat program helloworld adalah untuk melakukan pengecekan terhadap instalasi perangkat-perangkat yang dibutuhkan. Apakah instalasi telah tepat ataukah masih ada kekurangan pengaturan di beberapa tempat. Jika berjalan baik maka instalasi dan pengaturan telah tepat.

Pertama kita jalankan IDE Visual Studio Community Edition yang kita punya dari shortcut yang ada atau langsung klik ganda di file devenv.exe yang terletak di folder "C:\Program Files (x86)\Microsoft Visual Studio 12.0\Common7\IDE\devenv.exe".
Hello World, Windows Phone
Di komputerku, sudah ada shortcut yang mengarah ke file devenv.exe tersebut dan kuletakkan di bagian taskbar. Untuk lebih jelasnya gambar ikon file tersebut seperti pada gambar di sebelah kanan ini. Tunggulah beberapa saat sampai muncul tampilan Visual Studio dengan sempurna. Sesudah itu kita siap membuat Proyek program kita yang pertama, yaitu HelloWorld.

Begitu IDE Visual Studio tampil sempurna, saya memilih menu File->New->Project dengan menggunakan mouse atau bisa juga dengan menekan kombinasi tombol Ctrl + Shift + N secara bersamaan untuk menampilkan kotak dialog pembuatan proyek baru seperti yang ada di tampilan di bawah ini.
Hello World, Windows Phone
Template yang dipilih sebelah kiri kotak adalah Visual C# ->Store Apps -> Windows Phone Apps. Sedangkan untuk jenis proyeknya dipilih Blank Apps (Windows Phone Silverlight ). Tinggal isian untuk nama proyek dan lokasi yang ada di bagian bawah. Untuk nama proyek dipilih HelloWorld dan lokasi dibiarkan seperti apa adanya. Tentu saja kalau Anda ingin memilih tempat yang berbeda bisa dilakukan dengan menekan tombol Browse dan memilih lokasi yang anda inginkan. Langkah terakhir yang dilakukan adalah menekan tombol OK untuk menginstruksikan supaya proyek HelloWorld dibuat.

Hasil langkah-langkah tersebut seperti pada gambar berikut:
Hello World, Windows Phone
Tinggal mengubah tulisan page name yang ada di layar tersebut menjadi HelloWorld dan menjalankan program ini dengan menekan tombol hijau yang ada di bawah menu. Tentu saja karena saya nggak punya device Windows Phone maka saya pilih emulator. Emulator yang saya pilih Emulator WVGA 512 MB. Jadilah hasil program yang dijalankan di Emulator seperti di bawah ini:
Nah selesailah pembuatan program helloworld ini. Sudah kulonuwun, assalamu'alaikum, tinggal berikutnya mencoba apa yang bisa diubah dan dikembangkan.

Selamat Mencoba.

No comments: