Friday, December 21, 2007

Memonitor Waktu Penggunaan Internet

Setelah menggunakan Mentari 3g, dengan charge Rp.100/menit, karena kantong masih pas-pasan jadinya pingin mengaturnya. Menjadwal dan menganggarkan penggunaan internet berkecepatan tinggi ini. Tentu saja pengaturan ini bisa dibuat dengan menggunakan stopwatch atau alat lainnya yang bisa menunjukkan waktu. Tetapi akan enak kalau menggunakan program yang tampil di monitor kita hehe. Ini mungkin bukan ide baru tetapi tentu bermanfaat ...

Dengan ide tersebut, akhirnya saya membuat program sederhana yang isinya cuman tampilan timer seperti yang ada di warnet-warnet. Informasinya baru sebatas sudah berapa lama saya terkoneksi.

Jadi begitu tombol Connect di 3g Watcher, dan komputer sudah tersambung ke internet, tombol start di program segera di tekan, begitu selesai, tinggal tekan tombol stop yang ada. Hasil keluaran dari program berupa file text yang diletakkan di direktori yang sama dengan exe program tersebut. isinya berupa comma-separated-value yang salah satu sample nya adalah sebagai berikut:

"18/12/2007 02:21:07","18/12/2007 02:31:28","00:10:21"

Asumsi bahwa voucher yang dianggarkan per-bulan adalah Rp. 100rb, maka perhari rata-rata perlu menghabiskan ~ Rp. 3000. Jadi dengan charge Rp. 100/menit, bisa terkoneksi ke internet selama 30 menit. wih lumayan :). maka jadilah program ini sebagai pengatur waktunya.

Program ini saya buat dengan menggunakan Visual Basic, source code dan exe nya tersedia. Pembaca boleh mendownload dan mengubahnya. Program tersebut bisa di download di alamat ini : http://files.pemikiran.com

Ok, semoga bermanfaat


1 comment:

Anonymous said...

Tambahan pak:D. Lebih bagus jika ada reminder waktu penggunaannya. Misalkan user memilih OL 1 jam, 10 menit atw 5 menit sebelum 1 jam akan ada warning yang muncul. Maklum pak, sering kebablasan..hehe. Nice program.