Monday, December 17, 2007

Knol alternatif media untuk berbagi pengetahuan


Salah satu Produk inspirasi terbaru dari Google adalah knol. Knol yang diartikan sebagai unit pengetahuan ditujukan sebagai media yang menampung pengetahuan-pengetahuan yang ditulis oleh penulis dan bisa dibagi ke sesama sehingga masing-masing bisa saling mengambil manfaat.

Produk sejenis yang telah ada sebelumnya adalah wikipedia (wikipedia.org) - media berbagi pengetahuan yang bisa dinikmati oleh semua orang. Dengan adanya produk knol ini para penulis mendapatkan alternatif media untuk membagi ilmu pengetahuan yang dimilikinya ke khalayak.

Knol dilengkapi dengan sejumlah tools untuk mempermudah para penulis membagi tulisannya, mempermudah pencarian topik, dan tools untuk komunitas dimana Setiap orang berhak dan bisa untuk memberikan komentar atas tulisan yang ada dan memberikan penilaian seberapa manfaat tulisan tersebut.

Dan terakhir, Google sepertinya juga tidak melupakan penulis topik dengan tetap ingin membagi manfaat yang bisa diambil atas penulisan topik ini dengan sang penulis. Cara yang dilakukan adalah dengan membuat persetujuan apakah didalam tulisan itu bisa dipasang iklan seperti program Google Adsense yang sangat ramai hingga kini. Jika si penulis setuju untuk memasang iklan di tulisannya, maka google akan membagi pendapatan dari iklan ini dengan penulis. Belum diberitahukan seberapa besar prosentasi pembagiannya.

Sampai saat ini Knol masih dalam tahap uji coba dan penulis yang diundang saja yang bisa berpartisipasi dalam knol ini. Contoh Tampilan yang diberikan bisa dilihat di URL http://www.google.com/help/knol_screenshot.html

Dengan tampilnya Knol nantinya akan semakin menambah deretan media untuk membagi ilmu pengetahuan kita. sebelumnya sudah ada wikipedia, blogs, private web yang sudah sering kita gunakan untuk menuliskan ide-ide kita. Kemungkinan kita bisa juga menggunakan Knol ini untuk menulis FAQ ataupun helpdesk atas produk kita , Kita tunggu saja!

No comments: