Tuesday, October 16, 2012

Aplikasi Pengelolaan Data Qurban

S
dQurban merupakan aplikasi sistem informasi berbasis mobile (android) yang ditujukan untuk membantu mencatat administrasi panitia kurban. Pencatatan yang bisa dibantu dengan menggunakan program ini meliputi : pencatatan penerimaan hewan kurban, pencatatan daftar penerima daging kurban, pencatatan pengeluaran uang untuk keperluan kurban ini, dan pencatatan jenis-jenis hewan kurban.


Berkenaan dengan tibanya Idul Adha yang insyaallah akan jatuh pada akhr bulan ini, saya ingin berbagi aplikasi mobile berbasis android untuk membantu pencatatan kurban bagi panitia kurban. Aplikasi ini saya namakan SdQurban. Tampilan awal dari aplikasi ini seperti pada gambar di bawah ini:


Tampilan Awal Aplikasi
Pada tampilan aplikasi di atas, menu yang tersedia (dari kiri ke kanan) meliputi :

  1. Pendataan penerimaan hewan qurban
  2. Pendataan pembagian hewan qurban (data penerima)
  3. Daftar jenis hewan qurban
  4. Pencatatan pengeluaran-pengeluaran untuk biaya qurban
  5. Menu Bantuan.

Pendataan penerimaan hewan qurban

Dengan SdQurban ini, panitia bisa mencatat penerimaan atas hewan kurban dari anggota/masyarakat sekitar. pencatatan meliputi nama, alamat yang melaksanakan qurban, jenis hewan qurban, dan  biaya yang diperlukan untuk proses kurban. Biaya ini biasanya digunakan untuk membayar tukang yang melakukan penyembelihan hewan. Proses pencatatan ini diawali dengan pemilihan menu pendataan penerimaan hewan qurban, yang akan mengantarkan ke form seperti pada gambar di bawah ini:

Gambar Penerimaan hewan qurban
Setelah selesai pengisian, anda bisa memilih tombol Simpan untuk menyimpan data yang sudah Anda isikan. Jenis Qurban bisa berisi kambing, sapi, dan kerbau, seperti yang akan terlihat di bagian menu jenis Qurban. Setelah Anda menyimpan data ini, anda bisa menambahkan data penerimaan lagi dengan menekan tombol yang ada di atas yaitu  Penerimaan Hewan Qurban, atau memilih tombol Kembali untuk kembali ke halaman awal aplikasi. 

Halaman penerimaan ini akan berisi sejumlah data penerimaan, yang dikelompokkan berdasarkan jenis hewan qurban dengan jumlah yang sudah diterima seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:
Tampilan data penerimaan hewan qurban
Untuk kurban berupa sapi/kerbau, dimana satu ekor sapi/kerbau digunakan untuk 7 orang, maka Anda bisa mengisikan data nama dan alamat orang-orang dalam kelompok tersebut. Cara pengisiannya dengan melakukan touch yang agak lama di baris kelompok tersebut untuk memunculkan context menu. Berikut adalah tampilannya jika berhasil memunculkan context menu, beserta seri pemilihan menu kelompok, dan pengisian/penggantian anggota tersebut:


Pembagian daging qurban

Data penerima daging qurban bisa diisikan di menu berikutnya. Pemilihan menu ini akan mengantarkan ke tampilan seperti di bawah ini:
Data penerima daging qurban
Anda bisa mengisikan nama beserta alamat penerima daging qurban ini.

Daftar jenis hewan qurban

Tentu saja ada beberapa jenis hewan yang bisa digunakan untuk qurban ini. Diantaranya meliputi kambing, sapi, dan kerbau. Pengubahan atau penambahan bisa dilakukan dengan memilih menu ini. Berikut tampilan menu tersebut:
Jenis hewan qurban
Isian untuk sejumlah orang yang kurban berisi 1 Orang / 7 Orang merupakan pilihan. Tetapi data awalnya sudah dibuat dimana kambing (1 orang), sapi/kerbau (7 orang).

Pencatatan pengeluaran
Menu ini digunakan untuk mencatat pengeluaran-pengeluaran yang diperlukan untuk proses ini. bisa saja berisi biaya potong (tukang), biaya-biaya peralatan yang dibutuhkan, dan lain-lain. Berikut tampilan untuk pemilihan menu ini:
Pencatatan pengeluaran
Ok, semoga bermanfaat. Aplikasi ini bisa di download di i-Store di link ini.

No comments: