Wednesday, July 29, 2009

Google Translate: Alternatif penerjemahan bahasa Inggris ke Indonesia

Pagi ini mencoba untuk menggunakan google translate untuk mencoba menerjemahkan beberapa kata dalam bahasa inggris ke bahasa indonesia. Ya, Teks film, subtitle, yang berbahasa ingris ingin diterjemahkan dalam bahasa indonesia. Kalau mau menerjemahkan kalimat per kalimat akan butuh waktu lama. Tetapi ada link yang menarik di situs google translate, yaitu google translator toolkit.

Wah rupanya benar-benar mudah. yang perlu kita lakukan hanya login dengan account google yang kita miliki, upload file, dan kita akan mendapatkan terjemahan standar dari file. Hasil terjemahan ini bisa kita edit dan sesuaikan dengan konteks yang ada. Fasilitas pengeditan pun di desain cukup bagus oleh google, baris demi baris. Top.

Anda bisa lihat gambar dibawa ini untuk membayangkannya.


Di sisi kiri adalah teks asli, sedang di sisi kanan hasil terjemahan default. Sisi kanan ini bisa kita ubah. Hal ini tentu perlu kita lakukan, mengingat hasil terjemahan default terkadang merupakan apa adanya seperti kamus atau tidak berhasil diterjemahkan / ditemukan kata padanannya. Kata / Kalimat yang sedang aktif kita edit, teks asli akan diseleksi dengan latar kuning, sedang teks hasil terjemahan muncul dalam sebuah kotak yang bisa kita ubah isinya.

Kebetulan yang baru disupport adalah penerjemahan dari bahasa inggris ke bahasa indonesia dan sejumlah bahasa lain. Sedangkan untuk sebaliknya belum disupport.

Ok, Selmat mencoba!


No comments: