Saturday, August 11, 2007

Lembaga Trainning linux

Satu atau dua tahun yang lalu pernah terpikir untuk membuat sebuah trainning center khusus untuk linux dan aplikasi/implementasi yang berbasis linux. Konsep pelatihan yang dibuat meliputi pengenalan linux, implementasi pemakaian software-software opensource di linuxyang meliputi software server seperti internet gateway, firewall, mailserver, proxy server, webserver, database server, dan samba server. Software pemrograman seperti perl, python, java, dan c.

Namun rencana itu belum terwujud karena beberapa kesibukan yang cukup menyita waktu.

Beberapa hari yang lalu seorang relasi menyatakan keinginannya untuk memigrasikan aplikasi-aplikasi tempat dia bekerja ke linux. Pertimbangannya adalah dari sisi biaya lisensi dan kemungkinan pengembangan ke depan.

Mungkin ini bisa menjadi awalan untuk memulai ide trainning center untuk linux dan aplikasi-aplikasi di dalamnya. Linux bisa menjadi lantaran untuk pengembangan-pengembangan sistem informasi yang lebih sesuai dgn kebutuhan dengan ketersediaan tools-tools yang opensource, yang bisa di konfigurasi sendiri disesuaikan dengan kebutuhan.

Oke semoga bisa berhasil dan lancar.
Yakin.

No comments: